Minggu, 06 Juni 2010

Teknik Ekonomi, Ilmu Apa Itu??

DUA bulan ini saya dibuat penasaran oleh teman yang sedang mengambil Post Doctoral-nya di Jepang.. Dia memberikan semangat pada saya untuk mempelajari ilmu baru yang disebut Teknik Ekomoni (Economics Engineering), karena di sana sedang berkembang meskipun masih tergolong baru. Fakultasnya pun masih masuk dalam Social Engineering. Tidak banyak yang membuka jurusan tersebut…

Menengok perjalanan studi saya, yang background seorang teknik yang kemudian mempelajari ekonomi, saya dibuat penasaran akan hal itu. Apa sih sebenarnya ilmu itu. Sepanjang yang saya tahu dan saya kuasai adalah pelajaran Ekonomi Teknik (Engineering Economics), dimana perhitungan ekonominya suatu proyek, dari NPV, BEP sampai dengan beban biaya sewa gedung. Namun sekarang saya dihadapkan oleh suatu ilmu yang hampir sama namun beda sama sekali : Economics Engineering. Apa lagi itu?

Setelah sekian lama mencari literatur di dunia maya, saya tidak menemukannya.. Saya agak menyerah, disamping sangat penasaran ingin mempelajari ilmu tersebut.

Mungkin ada pakar disini yang bisa membantu saya mencerahkan pikiran saya, tentang hal itu? Saya sangat gembira bila ada Bapak/Ibu/Sdr yang bisa menunjukkannya pada saya dan berdiskusi bersama.

Terima kasih… Salam…

ARY TRY SETYANTO

Sumber :
http://edukasi.kompasiana.com/2008/12/30/teknik-ekonomi-economics-engineering-ilmu-apa-itu/
7 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar